Contoh Laporan TRiwulan Sederhana

BAB I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) tidak dikenal lagi istilah pendidikan luar biasa. Istilah itu telah berganti menjadi pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus. Esensi pergantian istilah ini dalam upaya memperluas makna “luar biasa” tanpa sekedar berkutat pada aspek keterbatasan fisik dan mental peserta didik. Anak yang memiliki bakat dan kecerdasan di atas rata-rata juga perlu dianggap luar biasa dan memerlukan penanganan secara khusus.

Disamping itu, pada situasi tertentu di mana siswa mengalami kesulitan belajar karena factor ekonomi, geografis, dan bencana alam, sebenarnya dapat dianggap luar biasa dan memerlukan penanganan khusus.

Seperti yang dimaksud dalam Pasal 32 UU Sisdiknas, ayat (1): “Pendidikan khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik yang memiliki tingkat kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena kelainan fisik, emosional, mental, sosial, dan atau memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa”. Dan juga pada ayat (2): “Pendidikan layanan khusus merupakan pendidikan bagi peserta didik di daerah terpencil atau terbelakang, masyarakat adapt terpencil, dan atau mengalami bencana alam, bencana sosial, dan tidak mampu dari segi ekonomi”.

Sedangkan pada masa sekarang ini I C T berkembang sangat cepat terutama dari segi jenis sudah banyak macamnya. Komputer-komputer sekarang banyak dijumpai tidak hanya di kantor-kantor dan instansi pemerintah saja tetapi juga di rumah-rumah. Bahkan I C T sekarang merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diikuti oleh siswa dan siswi di sekolahnya. Disini mereka belajar cara mengoperasikannya sehingga mereka dapat menggunakan computer, dengan demikian mereka diharapkan tidak buta akan teknologi.

Dengan berpegang pada UU diatas dan informasi teknologi yang telah dipaparkan sekilas, maka SLB Negeri Singkawang sebagai Sentra PK dan PLK melaksanakan program Workshop, kegiatan ini diadakan pada siang hingga sore hari. Pada pelaksanaannya yang pertama kegiatan ini didahulukan kepada masyarakat sekitar yang benar-benar membutuhkan, yakni anak-anak panti asuhan. Anak-anak panti ini terpilih karena kebanyakan dari mereka mempunyai kekurangan dari segi ekonomi, dan dari keluarga mereka sendiri sudah banyak yang tidak lengkap lagi. Dengan keikutsertaan mereka di Workshop diharapkan mereka mempunyai bekal ketrampilan yang nantinya dapat mereka kembangkan khususnya di bidang Information Communication and Tecnologies (I C T).

B. TUJUAN

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan-tujuan tertentu, dan tujuannya itu terbagi atas:

a. UMUM

SLB Negeri Singkawang Sentra PK dan PLK mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan tugasnya sebagai Sentra Pendidikan Layanan Khusus. Oleh sebab itu kegiatan ini diadakan adalah demi memenuhi kewajibannya sebagaimana yang diatur dengan jelas pada UU Sisdiknas Pasal 32 ayat 1 dan 2.

b. KHUSUS

Seiring dengan pesatnya teknologi I C T para peserta PLK diharapkan nantinya dapat mengembangkan bekal ketrampilan yang mereka dapatkan dari kegiatan Workshop I C T yang diadakan oleh SLB Negeri Singkawang.

C. SASARAN

Peserta kegiatan workshop yang diadakan kali ini ditujukan pada anak-anak panti asuhan yang ada di kota Singkawang, seperti Panti Asuhan Achmad Yani, Panti Asuhan Yasti, Panti Asuhan USHULUDDIN dan Panti Asuhan Al Faqir, kemudian siswa SLB Negeri Singkawang, dan juga Alumni-alumni SLB.

D. HASIL YANG DIHARAPKAN

Dengan pelaksanaan kegiatan workshop ini diharapkan para peserta tidak buta akan perkembangan teknologi, mereka dapat mengetahui cara mengoperasikan computer, cara membuka program computer yang sering digunakan di perkantoran ataupun sekolah-sekolah. Misalnya program Ms. Word dan Ms. Excel. Hal ini guna memudahkan mereka ketika terjun ke masyarakat nantinya.

BAB II

PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN

A. TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN

Kegiatan ini dilaksanakan di SLB Negeri (Sentra PK dan PLK ) Singkawang, yang beralamat di Jalan Semai Bukit Batu Singkawang Tengah.

Kegiatan ini diadakan mulai bulan 23 April – 30 Juni 2007, pada siang hari mulai pukul 13.00 – 17.00.

B. PERKEMBANGAN PELAKSANAAN

Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan dari program yang telah kami buat sebelumnya adalah

Mengoperasikan program Microsoft Office yaitu:

Mengoperasikan Microsoft Office :

a. MS. Word

- Melakukan operasi dasar komputer dan menggunakan operatying sistem.

- Membuat dokumen atau lembar kerja baru

- Melakukan manajeman file (dalam media penyimpanan)

- Mengidentifikasi fungsi dan kegunaan setiap icon dalam program pengolah kata

- Memodifikasi dan mengedit dokumen

- Menampilkan hasil output dari setiap latihan.

b. MS. Excel

- mengidentifikasi perangkat lunak dan lembar kerja baru

- melakukan manajemen file dan mengelola sel.

C. HASIL YANG DICAPAI

Peserta PLK dapat mengopersikan program MS. Word dan MS. Excel yaitu :

- Peserta dapat mengoperasikan komputer (menghidupkan dan mematikan)

- Peserta dapat menunjukkan posisi operational sistem dan program aplikasi yang terpasang

- Peserta dapat menjalankan program aplikasi yang terpasang

- Peserta dapat membuat folder, mengenal tipe file, menyimpan, mengganti nama file memindahkannya dan memperbanyak file

- Peserta dapat mencetak hasil dari pekerjaannya

D. MASALAH DAN PEMECAHANNYA

Dalam pelaksanaan kegiatan ini sangat tidak mudah, karena kami juga menenukan beberapa masalah, baik itu yang berkaitan dengan peserta maupun pelaksanaan teknis. Dari peserta-peserta yang ikut ada beberapa diantara mereka yang tidak mempunyai kesadaran untuk mengikuti kegiatan dengan serius, sibuk sendiri. Ada juga peserta yang dilihat dari pengalaman kerja lebih senior, mereka memiliki banyak bekal ilmu dan pengalaman, sehingga untuk menerima sesuatu yang baru bagi mereka sangat sulit, dan hal itu membutuhkan waktu yang lebih panjang disbanding dengan peserta yang lain. Dari segi teknisnya adalah masalah pengadaan computer, computer yang tersedia untuk peserta berjumlah sepuluh, tetapi peserta yang tertarik untuk megikuti kegiatan workshop I C T melebihi jumlah computer. Selain itu, computer yang tersedia banyak yang mengalami gangguan sehingga tidak bisa dipakai.

Masalah-masalah yang disebut diatas tidak membuat pelaksanaan workshop ICT terhenti, sebisa mungkin kami menyesuaikan dengan keadaan. Masalah peserta yang suka sibuk sendiri, dapat kami atasi dengan cara menegurnya, dan memberikan pengawasan yang lebih baik lagi. Buat peserta yang lebih senior dari kami, kami berikan pengetahuan lebih bertahap lagi dibandingkan dengan peserta-peserta lainnya. Hal ini juga melatih kesabaran dari kami dalam menghadapi berbagai karakter peserta. Dari segi teknis pelaksanaan untuk sementara ini peserta yang tidak memiliki computer untuk latihan dapat latihan dengan menggunakan computer peserta lainnya secara bergantian.

BAB III

KESIMPULAN DAN SARAN

A. KESIMPULAN

Pelaksanaan kegiatan workshop I C T ini adalah yang pertama kalinya diadakan oleh SLB Negeri Singkawang sebagai sentra Pendidikan Layanan Khusus. Kegiatan ini diadakan adalah demi memenuhi kewajibannya sebagaimana yang diatur dengan jelas pada UU Sisdiknas Pasal 32 ayat 1 dan 2. Pelaksanaan kegiatan kali ini diutamakan buat anak-anak panti asuhan yang ada di Singkawang, anak-anak SLB Negeri Singkawang dan alumni-alumninya. Halangan ataupun kekurangan yang dialami, mungkin karena kali ini adalah kegiatan yang pertama. Walaupun begitu, kegiatan ini cukup sukses apalagi stelah membandingkan dengan tujuan yang diharapkan dari kami dengan hasil yang telah dicapai oleh kami. Untuk itu kami lebih membutuhkan lagi dukungan dari berbagai pihak untuk kebaikan dalam kegiatan berikutnya.

B. SARAN

Dari permasalahan yang telah kami uraikan sebelumnya, kami mengharapkan adanya perhatian dari berbagai pihak. Untuk peserta sebaiknya dibedakan kategorinya, peserta yang lebih senior diharapkan diberi perpanjangan waktu sehingga mereka yang mengikuti kegiatan ini tidak dianggap percuma dan bekal yang mereka dapatkan kali ini dapat diterapkan untuk memudahkan pekerjaan mereka. Penyediaan computer yang kurang memenuhi kapasitas jumlah peserta sebaiknya segera diselesaikan, guna memudahkan penyampaian materi.

BAB IV

PENUTUP

Demikianlah laporan ini kami buat, masih banyak kekurangan yang mungkin tidak kami sadari dalam pelaksanaan kegiatan dan pembuatan laporan ini.

Kami membutuhkan kritik dan saran dari berbagai pihak, yang nantinya akan lebih berguna dalam penyemprnaan kegiatan dan laporan dimasa yang akan datang.

Dan selebihnya kami ucapkan terima kasih.

Satu Tanggapan to “Contoh Laporan TRiwulan Sederhana”

  1. fatihah Berkata

    wah keren…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: